Berenang


Akhir-akhir ini istriku jadi doyan berenang. Pagi-pagi tiap weekend selalu ngajakin renang saya bareng anak-anak, seperti hari sabtu pagi kemarin. Di Kota Jayapura sebenarnya ada beberapa kolam renang umum, tapi saya dan keluarga biasanya lebih suka renang di kolam renang Tirta Mandala. Soalnya tempatnya lebih nyaman, lebih luas, juga banyak tempat nongkrong juga jajanannya. Ada waterslider-nya juga. Lumayan asyik buat acara renang keluarga.

Yah, pastinya kami ke Tirta Mandala itu tujuannya buat renang. Sebenarnya hanya sekedar keciplak-kecipluk main air di kolam renang aja sekalian sama anak-anak belajar renang. Tapi bukan saya pastinya yang ngajar renang. Mana bisa saya renang, bisa ngapung dalam air itu aja udah luar biasa. Yang ngajarin renang itu teman kantornya istri saya. Dan saya.....cuma main air aja, sekalian main prosotan ngawasin anak-anak. Jagain anak-anak emang alibi yang paling tepat buat ngeles kalo diajakin lomba renang sama teman-teman.


Sebenarnya saya sendiri agak kurang nyaman kalo dia ajakin renang. Kenapa? Itu karena saya agak risih aja kalo pas renang harus memperlihatkan bagian tubuh saya yang paling aduhai, yaitu : PERUT. Ya, perut. Bentuknya yang onepack itu emang ngegemesin, tapi saya males aja buat pamerin. Salah tempat soalnya. Bayangin, disaat semua laki-laki di kolam renang bertelanjang dada dengan tubuh atletisnya juga perut sixpack-nya, saya tampil dengan perut yang.....gimana ya bilangnya? Ya, gitu deh pokoknya. Kebanting abis jadinya. Saya lebih pantes kalo diajak ke rumah bersalin dengan model perut kayak oonggokan daging buncit gitu ketimbang ke kolam renang.

Kolam Renang Tirta mandala
Buat saya, kegiatan renang emang sebuah momok yang bikin rasa pede saya turun derajat ke kasta paling bawah. Ngomongin perut dan berat badan emang paling sensitif. Makanya dari dulu saya agak males kalo diajak renang. Sumpaahh.. berasa lebih pengen diajak terbang keliling dunia bareng Iron Man ketimbang harus renang. Nggak pede banget. Pikiran saya malah jadi parno. Masa' saya harus stress gara-gara renang, yang bener aja. Cukup saya stress setiap kali ngaca aja, nggak usah yang lain. *eh?

Oke. Tapi demi anak apa sih yang nggak dilakuin.. Iya, nggak?

Kolam renang Tirta Mandala pagi itu kelihatan ramai sekali. Mungkin karena pas lagi weekend makanya ramai. Sebagai ayah yang bertanggung jawab, saya pun segera nyebur ke kolam bareng anak-anak setelah mereka sudah menyiapkan segala peralatan berenang mereka. Saya sendiri berenang dengan memakai baju kaos walaupun bawahannya tetap pake celana renang. Sebenarnya aturan disana tidak dibolehkan berenang dengan pakaian biasa, harus dengan pakaian renang, tapi berhubung setelah saya celingak-celinguk petugas pengawas kolamnya nggak ada yang protes, jadi saya lanjutin aja renangnya. Hehehe! Sekali lagi, itu cuma karena saya nggak mau pamer bodi atletisku. Ehm!

Salah satu Sudut Tirta Mandala
Berhubung saya nggak tahu berenang nyeburnya bareng anak-anak, makanya saya ajak mereka untuk bermain di sekitaran pinggir kolam aja yang agak cetek airnya. Tidak lupa saya pakaikan mereka pelampung. Supaya mereka berdua aman, tidak kelelep. Awalnya anak saya, Keisha dan Disha masih takut untuk masuk ke kolam, tapi lama-lama mereka malah jadi keasyikan berenangnya. Gemas jadinya melihat tingkah mereka berenang. Mereka seperti tengah berpetualang di dunia air. Ada saja imajinasi mereka, penuh kesenangan.

Tidak lama kemudian, Keisha pun mulai diajar berenang sama Dede, temen istri saya. Saya sendiri yang sibuk menemani si kecil Disha berenang dengan pelampungnya, hanya mengawasi mereka dari dekat saja. Sedangkan istri saya sibuk berenang bareng teman-teman kantornya.  Nggak kerasa udah tiga jam kami berenang. Kelihatan banget bibir dan tangan Keisha juga Disha udah menggigil kedinginan, tapi tetap aja mereka nggak mau berhenti berenang. Masih aja doyan main air. Tapi akhirnya setelah dibujuk, mereka berdua mau diajak keluar kolam.

Setelah berganti baju, kami pun membeli beberapa jajanan kue, gorengan serta minuman dingin. Bersantai dan beristirahat sejenak sebelum pulang. Lumayan seger jadinya pagi itu.

 


Comments

Popular posts from this blog

Hobi Menggambar

Tentang Ribas (lagi)

Justice League