Pak Bos Pindah

Bidang KEP Kanwil DJP Papua dan Maluku

SK Mutasi Eselon III di Direktorat tempat saya bekerja yang keluar baru-baru ini membuat saya sedikit sedih. Sebenarnya banyak sedih sih. Soalnya Kepala Bidang saya yang lama ini ikutan kena mutasi juga. Beliau mutasi ke tempat kerja yang dekat sama home basenya di Bandung. Nggak dekat-dekat amat juga sih, soalnya tempat kerja beliau yang baru itu di Jakarta. Setidaknya Jakarta lebih dekat ke Bandung dibandingkan jarak dari Jayapura ke Bandung. Minimal beliau bisa seminggu sekali pulang ke Bandung, bahkan lebih. Yang pasti beliau sangat bahagia karena bisa kumpul kembali dengan keluarganya tercinta.

Mantan Kepala Bidangku ini adalah tipe seorang pimpinan yang baik dan sangat dicintai bawahannya. Itu menurut saya pribadi. Walaupun saya tidak begitu dekat pada beliau tetapi saya ngerasa beliau begitu baik juga mengayomi kami para bawahannya. Saya sebenarnya tipe orang yang cuek pada keadaan, juga orang sekitar. Siapa pun itu. Tetapi.......entah kenapa saya begitu amazed pada beliau. Pembawaannya yang pendiam namun berwibawa membuat kami segan, respek dan hormat sama beliau. Walaupun pendiam, namun beliau murah senyum dan suka bercanda.

Saya sih sebenarnya baru setahun ini berada di bidang di bawah kepemimpinannya beliau, dimana sebelumnya saya terperangkap di bidang lain yang selalu berkutat dengan server, jaringan, kabel LAN, infokus, dan hal terkutuk lainnya yang saya tidak sukai juga membosankan. Kenapa? Entahlah. Entahlah. Yang pasti selama di bidang yang sekarang saya merasakan suasana yang berbeda, tidak kaku, dan penuh kebersamaan diantara sesama rekan kerja sebidang. Dan saya bisa pastikan, itu juga karena pengaruh kepemimpinan beliau disana.

Banyak sisi positif beliau yang saya rasakan. Selain pinter dan cerdas, mantan bosku itu tidak suka mengekang bawahannya, lebih memberikan kami sedikit kebebasan. Tentu saja kebebasan dalam tahap yang wajar. Bagi beliau yang penting pekerjaan kami beres, selesai dan bisa dipertanggung jawabkan jika beliau meminta. Ngerti kan? Kalo nggak mengerti maksud perkataan saya, lupakan saja. Saya sendiri juga nggak tahu lagi ngomong apaan.

With Pak Tata
Beliau itu juga tipe pemimpin yang jarang marah, tidak emosional. Biasanya kalo marah, beliau lebih suka diam. Tapi beliau jarang sekali marah. Nggak tahu juga sih. Itu setahu saya aja. Yang pasti beliau juga perhatian terhadap bawahan, itu termasuk juga membela bawahan yang benar. Mengerti dan menyelami suka dan duka para bawahannya dalam melaksanakan tugasnya. Seperti curhatan galau teman-teman Bidang yang lumayan nyesek tentang suka duka hidup di ujung Indonesia ini yang serba mahal. Yang saya yakin motivator mananpun bakal susah menaikkan rasa optimisme mereka. Makanya Kepala Bidangku ini selalu kasih tahu pada kami kalo ada peluang kemungkinan untuk pindah jika ada info.

Ya, begitulah sosok Pak Tata Nugraha di mata saya. Seorang pemimpin yang bertanggung jawab, dan dicintai para bawahannya. Kesan baik selalu ada pada diri beliau, sehingga ada rasa kehilangan pada kami anak buahnya. Sebenarnya saya sedih juga karena kepindahan beliau, secara saya suka dengan cara kepemimpinan beliau selama ini. Tapi yang namanya pertemuan pasti ada perpisahan. Ya gitu deh, mau gimana lagi. Udah rejekinya beliau untuk pindah dan berkumpul bersama keluarga lagi (pura-puranya cuek, nggak nangis).

Last, kami ucapkan selamat ya pak. Saya dan teman-teman selalu doakan yang terbaik. Semoga bapak semakin sukses di tempat kerja yang baru. Yang penting jangan lupakan kami disini ya Pak.. *cling! cling!




Comments

Popular posts from this blog

Hobi Menggambar

Tentang Ribas (lagi)

Justice League