Justice League

J U S T I C E   L E A G U E

Siapa sih yang tidak suka dengan superhero?  Karakter fiksi yang memiliki kekuatan luar biasa yang bisa melakukan tindakan hebat untuk kepentingan umum. Memiliki kemampuan atau kesaktian di atas rata-rata manusia, memakai pakaian yang khas dan menyolok serta nama yang khas, dan digambarkan sebagai penolong yang lemah dan pembasmi kejahatan. Kalian sendiri pasti punya tokoh superhero idola masing-masing. Iya, kan? Karena saya juga begitu, sebagai pecinta superhero tentu saja saya punya tokoh pahlawan super idola saya sendiri.

Tapi nggak hanya pahlawan yang memiliki kekuatan super aja kok yang yang bisa menjadi superhero. Tokoh pahlawan lain yang tidak memiliki kekuatan super juga dapat disebut pahlawan super. Istilah pembasmi kejahatan berkostum sering dipakai untuk pahlawan super yang tidak mempunyai kekuatan super. Dan karakter toko pahlawan super ini banyak sekali jumlahnya.

Tapi kali ini ini saya lagi mau ngomongin tentang Justice League, sebuah kelompok superhero dari penerbit DC Comics. Bukannya saya fanatik dengan karakter superhero ciptaan DC Comic lho, tapi di kesempatan kali ini ya bisanya cuma ngebahas Justice League dulu. Mungin next time saya bakal ngebahas tentang karakter superhero-nya Marvel Comic, ataupun yang lainnya.

Justice League itu sebenarnya kepanjangan dari Justice League of America (JLA), tapi biasa disingkat menjadi Justice League. Justice League sendiri terdiri dari pahlawan-pahlawan super dunia-nya DC Comic. Anggotannya kadang tidak tetap, tapi anggota intinya sih ada 7 superhero, dikenal sebagai Big Seven. Yaitu: Superman, Batman, The Flash, Green Lantern, Wonder Woman, Aquaman, dan Cyborg. Namun seiring berjalannya waktu , anggota Justice League semakin lama semakin bertambah, tergantung parahnya keadaan jika ancaman baru yang muncul, seperti: Green Arrow, Red Arrow (Arsenal), Black Lightning, Black Cannary, Zatanna, dll.

Sekarang kita bahas satu-satu aja deh para anggota superhero Justice League ini. Tapi nggak semuanya ya. Hanya beberapa aja yang saya tau soalnya. Itu pun setelah tanya mbah Google dulu. Wekekek! Oke sip!


SUPERMAN

Siapa sih yang nggak tahu tentang Superman. Bisa dibilang Superman adalah salah satu pahlawan super yang paling banyak dikenal. Sosok superhero Manusia Baja dengan kostum merah biru yang bisa terbang. Pahlawan terkuat dimuka bumi. Superman sendiri adalah makhluk dari planet lain yaitu planet Krypton yang bernama asli Kal-El. Yah, bisa dibilang kalo sebenarnya Superman itu adalah alien. Kal-El ini dikirim ke bumi oleh bapaknya, Jor-El, sebelum planet termpat tinggalnya dulu, Krypton, ancur. Setelah terdampar di Bumi, bayi Kal El ditemukan  sama keluarga Kent. Kal El pun diberi nama Clark Kent oleh keluarga Kent dan mengangkat dia sebagai anak mereka sendiri.

Saat keluarga Kent menemukan kekuatan yang sangat besar dari dalam tubuh Clark Kent, mereka pun menanamkan dalam dirinya nilai-nilai dan moral yang kuat yang menginspirasi dirinya untuk menjadi pahlawan, supaya dia bisa menggunakan kekuatan yang dia punya itu buat menolong orang-orang di Bumi sebagi Superman.

Superman memang superhero yang paling sempurna. Superman memiliki segalanya, kekuatan super, kecepatan , penerbangan, kekebalan, serta sinar X-ray dan panas dari penglihatannya yang terkenal. Dia memanfaatkan kemampuan super juga berbedanya dia dari orang lain untuk melindungi umat manusia.  Dan untuk menutup identitasnya sebagai Superman, Clark Kent bekerja sebagai reporter The Daily Planet.


BATMAN


Nah, kalo tadi saya bilang tentang superhero favorit saya, Batman adalah superhero favorit saya. Saya suka sekali dengan karakter tokoh Batman. Batman merupakan superhero dari Gotham City. Identitas Batman adalah Bruce Wayne, seorang pengusaha kaya dari Gotham City. Sewaktu kecil Bruce melihat kejadian pembunuhan kedua orang tuanya, Doctor Thomas Wayne dan istrinya Martha, di bunuh oleh perampok di depan matanya. Dan karena hal itulah yang membuat Bruce bangkit dan tergerak untuk membasmi kejahatan di Gotham City sebagai Batman.

Batman juga dikenal dengan julukannya yang banyak, diantaranya adalah sebagai "the Caped Crusader", "the Dark Knight", "the World's Greatest Detective", atau secara singkat "the Bat".

Batman beroperasi  melancarkan aksinya memberantas kejahatan dibantu oleh butler-nya Alfred Pennyworth dan rekannya Robin. Tidak seperti superhero kebanyakan, dia tidak memiliki kekuatan super. Dia hanya menggunakan intelejensi, ketrampilan sebagai detektif, ilmu pengetahuan dan teknologi, kekayaan, ketangkasan fisik, dan intimidasi untuk memerangi kejahatan. Ini juga alasan kenapa saya sangat suka dengan Batman dan menjadi superhero favorit saya. Batman begitu manusiawi, tanpa ada embel-embel kekuatan super. batman merupakan sosok puncak fisik dan mental prestasi manusia biasa.


GREEN LANTERN


Green lantern adalah sekelompok makhluk yang ditandai dengan memakai cincin khusus bergambar lentera hijau, Mereka bertugas buat ngejaga dunia dari kekuatan jahat. Pemakai cincin itu bisa membuat benda-benda yang dipikirannya jadi nyata. Bisa dibilang Green Lantern itu polisi intergalaksi dipersenjatai dengan cincin kekuatannya sendiri,

Dan, Hal Jordan adalah manusia bumi pertama yang jadi anggota dari Korps Green Lantern. Latar belakang Hal Jordan sendiri diwarnai dengan mimpi buruk, dimana ayahnya meninggal dalam kecelakaan pesawat yang tragis. Tapi ketika sebuah jatunya pesawat alien yang sekarat di Bumi yang merupakan salah satu dari Pasukan Green Lantern, Hal dipilih untuk menjadi penerus alien tersebut dalam Pasukan Green Lantern, sebuah pasukan penjaga perdamaian alam semesta yang anggotanya lebih dari 3.600 anggota yang kuat.

Dengan kemauan belajar yang kuat, akhirnya Hal bisa mempelajari dan menguasai kekuatan dari cincin tersebut. Dia bisa terbang dan menciptakan konstruksi yang terbuat dari energi murni, menghasilkan apapun dari pukulan hijau yang kekuatannya begitu besar untuk mempersenjatai dirinya dengan mengabaikan ketakutannya. 


THE FLASH

Kehidupan Muda Barry Allen berhenti ketika ibunya dibunuh. Pembunuh sejati ibunya tidak pernah ditemukan.  Misteri kematian ibunya ini membuat Barry Allen terobsesi, mendorongnya untuk menjadi seorang ilmuwan forensik. Dia banyak menghabiskan hidupnya untuk memecahkan setiap kasus yang dia tangani. Tapi ketika petir aneh menyambar rak di dekatnya di lab, Barry menerima kekuatan kecepatan super, menjadi The Flash.

The Flash sendiri memiliki kecepatan super, termasuk kemampuan berlari, bergerak sangat cepat, juga memiliki reflek manusia super dan kadang-kadang dapat melawan beberapa hukum fisika. Dengan julukan Scarlet Speedster (pembalap, lebih tepat pelari berwarna merah). Sejauh ini, 4 karakter berbeda serta memiliki kemampuan kecepatan super memakai identitas Flash, mereka adalah Jay Garrick (1940), Barry Allen (1956), Wally West (1986) dan Bart Allen (2006), Wally dan Bart adalah murid the Flash dan dikenal dengan nama Kid Flash.


WONDER WOMAN

Wonder Woman adalah Putri dari Amazon (Amazon berdasarkan mitologi Yunani) dan prajurit terbesar. Superhero cantik ini dikenal di tanah kelahirannya sebagai Diana dari Themyscira. Diana digambarkan sebagai atlet ahli, akrobat, petarung dan strategi, terlatih dan berpengalaman dalam berbagai bentuk pertempuran kuno dan modern baik yang bersenjata dan tidak bersenjata, termasuk seni bela diri Amazon.

Dalam beberapa versi, ibunya, Wonder Girl, melatihnya untuk disiapkan sebagai Wonder Woman dimasa depan. Sejak awal, ia digambarkan sebagai perempuan yang sangat terampil dalam menggunakan gelang Amazon untuk menghentikan peluru dan memegang laso emasnya. Batman sendiri pernah memanggilnya dengan "petarung jarak dekat terbaik di dunia".


AQUAMAN

Arthur Joseph Curry adalah pahlawan super DC Comic yang biasa kita kenal dengan sebutan Aquaman. Sang Raja Atlantis. Kemampuan Aquaman yang paling banyak dikenal adalah kemampuan telepati untuk berkomunikasi dengan kehidupan laut, yang ia dapat memanggil dari jarak yang jauh. Meskipun kekuatan ini adalah yang paling sering dan paling mudah digunakan pada kehidupan laut, Aquaman memiliki kadang-kadang menunjukkan kemampuan untuk mempengaruhi makhluk yang hidup di atas laut.

Aquaman memiliki sejumlah kekuatan super, yang sebagian besar berasal dari fakta untuk menyesuaikan diri hidup di kedalaman laut. Dia memiliki kemampuan untuk bernapas di bawah air. Dia memiliki daya tahan super cukup tinggi untuk tetap tidak terpengaruh oleh tekanan besar dan suhu dingin dari kedalaman laut, ini juga membuat dia cukup kuat untuk menjadi kebal terhadap senapan mesin. Ia juga memiliki kekuatan super. Dia bisa berenang dengan kecepatan yang sangat tinggi, mampu mencapai kecepatan 10.000 kaki per detik  dan dapat berenang di Air Terjun Niagara. Dia juga bisa melihat jarak dekat di kegelapan total dan telah meningkatkan pendengaran melalui sonar terbatas. Meskipun ia bisa tetap berada di bawah air tanpa batas tanpa menderita efek sakit, Aquaman akan lemah jika ia tetap di darat untuk waktu yang lama.


GREEN ARROW

Green Arrrow diceritakan sebagai sosok miliarder manja yang bernama Oliver Queen. Karakternya egois dan tidak pernah peduli tentang apa pun kecuali dirinya sendiri , Dia terdampar di pulau terpencil ketika berlayar bersama ayahnya menggunakan kapal pribadinya, Queen Gambit. Di pulau itu dia mencoba untuk belajar menguasai busur dan anak panah. Ollie menggunakan keterampilan baru untuk bertahan hidup dan memanah untuk memimpin pemberontakan kepada musuh-musuhnya yang menguasai pulau tersebut. Dan hari-harinya di pulau yang penuh dengan keringat, darah, dan putus asa, membuat dia kembali bangkit menjadi sosok yang berbeda. Menjadi sosok yang tegas, kuat, mandiri dan penuh misteri.

Sekembalinya dia ke peradaban, ke Starling City, kota dimana dia berasal, dia tidak lantas diam dan menonton ketika kejahatan banyak terjadi di Starling City. Oliver Queen kembali berjuang dengan busur dan panahnya dalam memberantas kejahatan, ataupun penguasa juga para pemimpin kota yang dia anggap tidak becus dan mengeruk keuntungan dari Starling City. Sebuah cerita Robin Hood jaman moderen, ia merupakan simbol untuk revolusi kota untuk menjadi lebih baik.

Oliver Queen mungkin adalah pemanah terbaik yang pernah dikenal. Ia mahir dalam memanah. Dia mengaku bisa menembak 29 anak panah per menit. Dia memiliki berbagai-macam trik dalam memanah.  Meskipun ia suak memanah musuh-musuhnya tetapi itu bertujuan hanya untuk luka dan tidak membunuh ketika dia menembak. Ia mahir dalam beberapa ilmu beladiri juga termasuk judo, kickboxing, tae kwon do dan karate.

Kesamaan Oliver Queen/Green Arrow dengan Bruce Wayne/Batman adalah sama-sama seorang milyarder yang menjadi superhero tanpa memiliki kekuatan super.


CYBORG

Cyborg, juga dikenal sebagai Victor Stone. dia adalah superhero yang setengah manusia dan setengah mesin yang memiliki teknologi super canggih di tubuhnya. Tubuhnya hancur dalam sebuah kecelakaan tragis, namun ia diselamatkan melalui teknologi eksperimental, bagian-bagian tubuhnya telah diganti dengan peralatan berteknologi tinggi dan persenjataan, untuk terus memberikan dukungan kehidupan. Walaupun ia setengah robot, tapi ia berjuang dengan sisi kemanusiaan-nya sebagai mesin. Meskipun kecanggihan teknolgi yang melekat di tubuhnya itu telah membuatnya menjadi pembangkit tenaga listrik tak terbendung.

Yah, begitulah sekilas  tentang Justice League versi saya dan On The Spot. Keterbatasan informasi tentang para superhero tersebut bener-bener murni karena emang saya tidak tahu. Hehehe! Ya udah, gitu aja. Saya udah mau balik soalnya. Bye.






Comments

  1. Martin the man hunter nyankok gak ada? -_-

    ReplyDelete
  2. Oh iya mas, saya lupa masukin Martian manhunter-nya.. maaf.. hehehe!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hobi Menggambar

Tentang Ribas (lagi)