Kenangan Ramadhan

Wah, Ramadhan telah tiba. Nggak rasa, tahun ini kita umat Islam kini telah memasuki bulan Ramadhan lagi, bulan puasa yang paling mulia. Bulan penuh berkah dan ampunan. Bulan suci yang hanya datang sekali dalam setahun, dan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu dari sekian bulan yang ada. Disambut dengan suka cita oleh setiap umat Islam di seluruh penjuru dunia.

Setiap kali bulan Ramadhan hadir, kalau nyebut nama puasa saya jadi keingat kenangan berpuasa waktu masih kecil sampai remaja yang penuh warna. Dulu waktu masih kecil saya puasanya bertahap, dari yang boleh puasa setengah hari sampai akhirnya bisa juga berpuasa secara penuh dari pagi sampai bedug magrib. Kalo nggak salah, saya sudah bisa puasa seharian full itu waktu duduk dikelas 2 SD. Dan bisa dipastikan, saat yang paling dinantikan juga diidam-idamkan oleh saya adalah waktu berbuka puasa itu sendiri.



Dulu masjid-masjid di Jayapura, tempat saya lahir dan dibesarkan, belum banyak yang memiliki bedug (sampai sekarang juga sih), jadi ya kami sekeluarga biasanya mendengar tanda waktu buka puasa dan imsak lewat radio saja, atau nggak ngedengar adzan dari masjid terdekat. Dan untuk menu berbuka puasanya, bisa dibilang menunya biasa-biasa aja. Hanya segelas es sirup, ataupun teh hangat beserta kue-kue ringan jajanan pasar yang manis-manis kayak saya. Tetapi tidak jarang juga ibu saya membuat es cendol sama kolak pisang yang juga manis kayak saya (puasa-puasa juga harus tetap narsis).

Dan karena saya cowok baik-baik, dari keluarga yang baik-baik juga, dulu kegiatan yang saya lakukan selama bulan ramadhan waktu masih bocah yaitu mengikuti pesantren kilat selama libur puasa. Serius! Dulu waktu SD saya emang suka ikut kegiatan pesantren kilat di madrasah masjid dekat rumah. Tapi emang rada bandel sih. Kalo pas shalat Ashar berjamaah, ngambil wudhunya dilama-lamain. Pas kumur-kumur air wudhunya diminum dikit. Tapi nggak ketahuan, dan pura-pura berpuasa terus sampai adzan magrib.Yang lebih ekstrim lagi kalo sedang dirumah, saya bisa mandi siang lebih dari 3 kali. Dan pastinya, sambil neguk air bak juga pake gayung jamban.

Itu memang penipuan publik. Tapi nggak setiap hari juga. Yang penting judulnya tetap puasa, walaupun dibelakang-belakang curang juga. Dasar bocah. Tapi itu dulu kok, sekarang nggak lagi. Sekarang kan udah dewasa beranak dua lagi, jadi harus lebih lebih baik lagi. Iya kan?

Oiya, dulu pada malam hari di bulan puasa, saya bersama teman-teman satu kawasan perumahan pergi ramai-ramai ke mesjid kompleks untuk shalat tarawih berjamaah. Lumayan seru sih. Asyik aja pergi ke masjidnya bareng-bareng. Tetapi di masjid pas waktu ceramah, kami bukannya dengerin khotbah malah ngobrol di menara masjid sama teman-teman sambil ngecengin cewek-cewek manis yang juga shalat tarawih di mesjid itu. Buku ramadhan dari sekolah yang harus diisi, saya titip sama teman yang rajin dengerin kotbah untuk diisiin. Kemudian saya tinggal minta tanda tangan penceramah sama Imamnya aja pas selesai shalat tarawih. Curang emang.

Kalau dikenang puasa di masa kecil memang sangat menyenangkan. Kenangan yang sangat indah. Dan pastinya nggak bakalan habis kalo dibahas, karena setiap datang bulan ramadhan setiap tahunnya pasti selalu mempunyai kenangan masing-masing. Dari kita masih kecil, remaja, sampai kita beranjak dewasa dan berkeluarga seperti saat ini.

Saya sih berharap untuk Ramadhan kali ini, semoga kita semua bisa memanfaatkan sebaik-baiknya bulan suci yang singkat ini, dengan memperbanyak doa juga amalan-amalan baik untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi agar tidak menjadi orang yang merugi.

Selamat menjalankan ibadah puasa ya teman-teman semua. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah SWT melimpahkan semua keberkahan dan mengampuni dosa-dosa kita semua. Amin YRA.



Comments

Popular posts from this blog

Hobi Menggambar

Justice League

Ribas