Belajar Mobil

Saban pekan saya ngeband itu hal biasa, tetapi 2 pekan kemarin ada sedikit yang beda. Saya jadi guru nyetir dadakan sahabat saya. Sebut saja namanya Rahmat, sesuai nama sebenarnya. Tahu kan? Rahmat itu lho, basis di band saya Langitania, yang orangnya keren kayak artis korea (biar orangnya seneng..). Saya memang diminta tolong Rahmat untuk ngajarin dia caranya mengendarai mobil yang baik dan benar. Ya gitu deh. Intinya, dia pingin belajar mengendarai mobil.

Ngajarin Rahmat bawa mobil sebenarnya nggak berat. Yang berat adalah adalah nyiapin mentalnya dia dan mental diri saya sendiri juga. Kita harus siap lahir batin selama dia praktek belajar mengendarai mobil di jalan. Yang pasti bakal tahan perasaan, perasaan takut nabrak. Saya bukannya mau suudzon, cuma agak meragukan kemampuan si Rahmat aja. Ehm! Sori, bro. Kadang jujur memang pahit.

Eniwei, Saya ngajarin Rahmat mengendarai mobilnya deket-deket rumah aja, tapi jalurnya emang rada ekstrim. Banyak tanjakan, turunan, juga tikungannya. Maklum, tempat tinggal saya daerah geografisnya emang berbukit-bukit. Untung aja nggak banyak mobil yang melintas di jalan pada waktu itu. Rahmat mengendarai mobilnya pelan banget seperti slow motion film jadul The Six Million Dollar Man. Pelan banget, pokoknya serba hati-hati. Maklum baru belajar.

Waktu itu, saya ngajak teman saya Budi juga yang juga gitaris Langitania untuk ikut serta. Saya kasih alasan ke dia sih buat jalan-jalan aja dan demi kekompakan band. Tapi alasan sebenarnya saya adalah supaya ada teman dorong mobil. Buat jaga-jaga aja kalo misalnya pas Rahmat belajar mengendarai mobil tiba-tiba kejadian nyungsep di selokan. Semua sudah masuk dalam pemikiran saya waktu itu. Saya memang guru yang memperhitungkan semua resiko. Hebat kan?

Sambil ngajarain Rahmat, saya juga asyik merhatiin sekitar. Banyak pemandangan alam yang indah soalnya. Dan waktu itu juga ada pemandangan indah lain yang melintas di jalan, yang kalo diliat laki-laki antara Astaghfirullah, dosa, rejeki, dosa, rejeki, dosa, rejeki. Biasa, kita berpapasan sama cewek-cewek ABG labil yang sedang bermejeng ria bersama teman-temannya di pinggir jalan menikmati pemandangan juga. Buat saya sih nggak ngefek secara saya udah nikah, tapi buat Rahmat iya. Rahmat sempat khilaf pinginnya nginjak rem malah nginjak pedal gas, gara-gara konsentrasinya terbagi karena melihat mereka.

Tapi alhamdulillah, hari itu Rahmat sukses belajar bawa mobil di jalan. Sukses disini maksudnya nggak nabrak sesuatu *langsung sujud syukur*. Tapi lumayan, Rahmat mengalami progress yang signifikan. Dia sudah menguasai teknik mengendarai mobil, secara dia belajarnya baru 2 kali. Mungkin hanya perlu diberanikan lagi mentalnya untuk terbiasa di jalan raya (termasuk saya kalo lagi ngajarin dia). Soalnya masih takut-takut.

Daannn...pelajaran terpenting yang saya dapat jika kita sedang lagi berada di jalan adalah : Tetap fokus pada jalan raya, seperti kita fokus pada impian kita sendiri, jangan terpengaruh hal-hal yang ada disampingmu. Ingat aja keselamatan penumpang berada di tangan kita. Itu aja. Titik.








Comments

  1. Makanya bro ajarinnya langsung di jalan raya sentani biar langsung mahir
    Minggu k?

    ReplyDelete
  2. Sentani itu jalur cepat, karena jalur menuju bandara. Kayaknya ko belum siap. Mendingan biasakan angkasa-dok V aja dulu bro.. Hehehe!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hobi Menggambar

Tentang Ribas (lagi)

Justice League