Tentang Sebuah Grup Band


Kali ini saya lagi mau serius ngebahas tentang band. Ya, band, rumah ke dua bagi saya yang sangat menyukai musik. Bagi saya band itu ibarat sebuah keluarga, yang masing-masing personil memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Pasti banyak menimbulkan beberapa atau mungkin banyak perbedaan satu dengan lainnya. Itu artinya sebuah band harus punya satu tujuan, satu hati, satu visi dan misi yang sama agar semuanya bisa bersatu dalam hal bermusik.

Saya sendiri sudah bermusik dari 13 tahun yang lalu. Saya pribadi merasa bermusik itu harus dari hati. Bahwa kita cinta terhadap musik. Saya percaya, kesenangan kita dalam bermusik akan mempersatukan semua perbedaan dalam band. Band bagi saya adalah tempat dimana saya bisa menjadi diri saya sendiri. Tempat saya memperoleh kesenangan dan semangat, tempat saya menghilangkan stres, tempat saya mengembangkan kreatifitas dan menyalurkan bakat, juga tempat saya meluapkan emosi positif. Dan saya akan berusaha melakukan apa saja untuk terus bisa bermusik.
 
Membentuk sebuah band itu gampang, tapi menjaga dan mempertahankannya itu yang susah. Setiap grup band pasti pernah mengalami masa-masa sulit, juga masalah-masalah yang bisa menimbulkan perpecahan. Bisa jadi karena rasa jenuh, kesibukan masing-masing atau parahnya ketidak cocokan antara personil. Tapi semuanya akan kembali ke diri masing-masing personil bagaimana menyikapinya secara bijaksana untuk terus mempertahankannya.

Makanya saya salut sama grup band yang telah manggung bareng selama lebih dari 10 tahun, baik yang sudah mendapat kontrak rekaman ataupun belum. Itu yang saya namakan dedikasi. Sebuah kegigihan. Sebuah ego yang sehat. Dedikasi dalam hal mengarungi suka duka, sukses, juga prestasi dalam bermusik bersama-sama. Dimana semua rintangan maupun perbedaan terlupakan.

Bagi saya setiap Individu dalam sebuah band merupakan aset yang penting. Semuanya penting tanpa terkecuali, baik dia vokalis, bassist, drummer, gitaris maupun keyboardis. Semuanya saling melengkapi satu sama lain, nge-jam bersama, saling mendukung, serta  memberikan kontribusi yang tinggi pada bagus tidaknya musik dari setiap individu didalamnya. Dan itu butuh komitmen yang tinggi dari yang terlibat untuk menyatukan itu semua. Tidak hanya oleh satu atau dua orang saja.

Saya tidak berharap banyak. Saya hanya berharap band-ku akan terus awet untuk terus berjalan bersama, berkarya bersama menyeleraskan diri selama mungkin. Karena band bagi saya tidak hanya merupakan sebuah hobi juga kesenangan saja. It means everything. Yes, everything.








Comments

Popular posts from this blog

Hobi Menggambar

Tentang Ribas (lagi)

Justice League