Ngeband Bareng Teman Sekompleks

Hari sabtu siang kemarin saya ngeband seperti biasa bareng teman-teman kompleks perumahan di studio band pribadi saya. Eh, nggak, kalian nggak mesti bilang WOW gitu. Biasa aja. Saya dan teman-teman kompleks akhir-akhir ini, saban sabtu emang suka ngeluangin waktu buat ngeband. Yah, sekedar menyalurkan hobi positif aja. Mainin lagu-lagu grup band Indonesia jaman tahun 90-an sebangsa Padi, Dewa 19, Sheila on 7, Cokelat, de el el. Pokoknya lagu-lagu band Indonesia yang lagi booming waktu kami masih sekolah dulu. Kita memang cinta musik dalam negeri, jadi mainnya lagu-lagu lokal aja.

Jadi ceritanya yang ngeband kemarin ada empat orang. Saya kenalin dulu deh segelintir personilnya. Ada Rahmat, Mathank, dan Budi.Yang pasti mereka semua udah cukup umur. Kebanyakan dari mereka malah udah ada yang jadi bapak-bapak, termasuk saya. Udah pada berumah tangga soalnya. Sengaja saya merekrut mereka lagi karena mereka masih cinta dengan musik, hanya saja karena faktor belum ada kesempatan dan grup lagi makanya mereka tidak ngeband lagi.

Wajah mereka unyu-unyu, saking unyunya jadi pingin nabok. Kami berempat rencananya pingin ngebentuk band sama-sama lagi. Sebenarnya lebih tepat kalo judulnya mengaktifkan kembali band lama. Karena kita memang pernah ngeband bareng dulu waktu jaman masih SMU, nama bandnya SAIFER. Makanya dengan moment ini kami jadi bersatu lagi.

Sebenarnya ada yang spesial dari latihan band kemarin. Soalnya Mathank yang jadi gitaris, baru aja beli gitar baru, gitar Fender Stratocaster. Makanya kemarin dia bawa gitar barunya itu ke studio. Kelihatan banget wajahnya sumringah karena gitar barunya tersebut. Maklum, soalnya gitar itu adalah hadiah dari istrinya yang tidak dia sangka-sangka. Berawal dari niat pergi ke toko untuk beli kulkas, tapi akhirnya pulang dengan membawa gitar baru. Dia nggak nyangka kalo ternyata istrinya ngasih kejutan kalo sebenarnya rencana beli kulkas itu buat beliin gitar Fender idaman dia. Udah pasti Mathank senang banget. Bisa dibayangin dong gimana WOW nya wajah si Mathank itu mendapat gitar baru. Menurut dia itu lebih keren dibandingin dapet hadiah dari gosok undian minuman ale-ale.

Dan dengan berbangga hati saya kasih tahu sebenarnya band yang digawangi oleh saya, Rahmat, Budi dan Mathank ini belum mempunyai nama. Dan juga belum mempunyai vokalis. Sementara kami masih gitu-gitu aja, hanya sebatas ngeband dan bersenang-senang. Belum mikirin kedepannya gimana. Kami masih mencari vokalis yang cocok dengan band ini. Maunya sih nyari vokalis yang setampan Ariel dan semerdu Sammy. Walau itu nggak akan mungkin, tapi ngarep dikit boleh dong. Gratis.

Singkat cerita, kita berempat pun ngeband dengan noraknya di studio. Lagu Sesuatu Yang Indah-nya Padi jadi lagu pembuka yang kami mainkan, kemudian disusul dengan memainkan lagu-lagu lainnya. Mainnya sukses berantakan. Sejam pun berlalu, ketika lagi asik lempar-lemparan stick drum, tiba-tiba ada yang yang ngetok pintu studio. Ternyata adik ipar saya yang ketok, kasih tahu kalo ada teman yang datang. Dan muncullah mahluk yang tampaknya tidak asing lagi. Ternyata dia Rein, seorang gitaris handal yang juga mantan teman ngeband saya dulu yang sudah beberapa tahun ini tidak pernah ketemu lagi. Sekarang tiba-tiba muncul lagi di studio.

Ini yang namanya kejutan, kalo istilah kerennya itu surprise.

Ternyata tidak hanya saya saja yang terkejut, teman-teman yang lain juga terkejut karena nggak ada yang ngerasa mengundang dia untuk datang ke acara ngeband kami. Setelah di usut, ternyata dia datang karena tidak sengaja mendengar suara kami ngeband saat dia sedang melintas dalam perjalanan pulangnya dari rumah teman yang juga tidak jauh dari rumah saya. Makanya dia singgah untuk melihat-lihat kegiatan kami. Tapi yang namanya anak band ketemu di studio kalo nggak ngejam bareng itu kurang afdol. Makanya kami pun ngejam bareng.

Budi ngalah sesaat dan meminjamkan gitarnya ke Rein untuk dimainkan. Jadilah saya, Rahmat, Rein dan Mathank ngejam bareng. Budi hanya melihat-lihat saja. Kami memainkan improvisasi melodi-melodi spontan aja. Saat kami ngejam, tidak bisa saya bohongi kalo saya benar-benar takjub dengan permainan gitarnya Rein yang lebih berskill dan semakin matang. Permainan Jazz yang dia mainkan sangat memberi warna di jam session kali ini. Saya jadi teringat beberapa tahun lalu saat masih ngeband bareng Rein. Harmonisasinya tidak banyak yang berubah, masih ala Rein. Harus saya akui dengan adanya Rein, permainan kami jadi lebih hidup.

Saya melirik Mathank dengan sedikit tersenyum. Saya ingat Mathank dulu suka bertanya pada saya tentang Rein serta bagaimana pemainan gitarnya. Begitupun juga sebaliknya, Rein juga suka membicarakan permainan gitar Mathank yang selalu ngerock. Mereka kayaknya memang saling mengagumi dari dulu, mungkin juga saling mencintai. Abaikan yang terakhir tadi.

Yang pasti kini pertanyaan beberapa tahun lalu itu terjawab dengan ngejam kali ini. Lengkingan distorsi sangar ala Mathank bertemu dengan softnya melodi Jazz-nya Rein, jadinya keren banget. Anjiiiirrr! Intinya saya ngiri tingkat go internasional. Andaikan saya jadi Rogue X-Men, saya akan serap bakat keduanya supaya saya bisa main gitar kayak mereka.

Lumayan lama juga kami ngejam bareng, kira-kira setengah jam sebelum akhirnya Rein mohon pamit. Setelah dia pulang kami lanjut ngeband lagi sampai sore. Mendekati waktu magrib kami pun bubar. Yah, hari itu lumayan seru dan lebih menarik. Semoga aja ngejam minggu depan bakal lebih menarik lagi.

Akhir kata, Salam metal! Chibi chibi chibi chibi! (dengan tangan membentuk huruf 'V' dibawah dagu).

Ini yang namanya Band Geje







Comments

Popular posts from this blog

Hobi Menggambar

Justice League

Tentang Ribas (lagi)