Saat Bokek Menyerang

Saya ngelirik kalender meja yang memasang gambar-gambar kenarsisan orang-orang kantorku. Tanpa ekspresi. Iya, soalnya nggak enak hati kalo mau ngece. Soalnya banyak wajah atasanku digambar itu. Takut dianggap bawahan nggak tahu diri oleh mereka. Niat fokus ke kalendernya sih cuma pingin mastiin aja hari ini udah tanggal berapa, berharap pingin cepet-cepet awal bulan baru. Supaya bisa cepet gajian lagi. Tapi ternyata sekarang baru pertengahan bulan. Saya pun langsung lemes.


Saya ngelirik isi dompet yang komponen sama ketebalannya semakin langsing. Kelestarian duit dalam dompet semakin lama jadi semakin kosong. Akankah bisa bertahan hingga akhir bulan ini? Ya, saya memang lagi bokek sekarang-sekarang ini. Dan saya pun menyalahkan kebokekan saya itu pada pengeluaran-pengeluaran besar yang datang bertubi-tubi untuk bulan ini. Terutama buat ongkos tiket juga biaya perjalanan dinas saya yang belum diganti. Buat saya ini cukup suram. Maaf, saya nggak ada maksud mau pamer atau riya' atas kebokekan saya ini, tapi inilah saya apa adanya dengan segala kerendahan hati. Sebenarnya cuma mau curhat aja.

Demi ketek Naruto, saya galau. Ini fakta.

Emang begini rasanya kalo banyak yang harus dibayar sekaligus dalam bulan ini. Sangat menggangu stabilitas ekonomi. Lumayan bikin nyesek juga sih. Untung aja nggak tiap bulan kayak gini. Kayaknya saya emang harus lebih berhemat mulai sekarang. Kalo yang dulu suka jajan, sekarang jajannya di kurangi. Kalo yang dulu suka pergi pake mobil, sekarang perginya pake motor aja supaya lebih hemat biaya bensin. Pokoknya semua dihematin, supaya pengeluaran tidak terlalu membengkak. Saya juga sempat mikir untuk hemat mandi, kalo setiap harinya suka mandi dua kali sehari sekarang mandinya sekali aja.

Tapi yang namanya badai pasti akan berlalu. Dan Saipul Jamil pasti akan kawin lagi. Saya optimis krisis moneter yang saya alami akan cepat berakhir seiring berjalannya waktu, dan kondisi keuangan akan stabil lagi supaya bisa beli susu dan pampers buat anak-anak (cie..ciee..cieee...). Saya hanya perlu bertahan dan berhemat. Menahan diri dari segala rupa godaan juga keinginan yang bisa menyesatkan isi dompet. Yang pasti harus tetap berdoa sama Yang Maha Memberi Nikmat supaya dikasih rejeki lebih dadakan, buat menutupi kebokekan. Kalo nggak diberi ya syukuri aja. Nikmatin hidup, di bawa santai aja.

Semangat!




Comments

Popular posts from this blog

Hobi Menggambar

Justice League

Tentang Ribas (lagi)