Sephia

My Hero

Saya ngefans banget sama band Sheila on 7. Boleh dibilang saya termasuk seorang Sheila Gank. Yang belum tahu Sheila Gank itu apa, biar saya jelasin terlebih dahulu. Sheila Gank merupakan komunitas para Penggemar Shelia on 7, baik yang tersebar di wilayah Indonesia maupun yang ada di luar negeri. Saya termasuk salah seorang Sheila Gank (yang tidak terdaftar..hehehe!). Sheila on 7 merupakan band papan atas Indonesia yang sangat menginspirasi saya untuk bermusik dan menjadi seorang anak band. Terutama sama leadernya : Eross Chandra, gitaris sekaligus yang menciptakan lagu-lagu hits-nya Sheila on 7. Jadi hari ini, saya akan mewakili para Sheila Gank untuk membahas dan mengupas salah satu hal yang berkaitan dengan Sheila on 7.

Tentang profil mereka? bukan.
Tentang kehidupan mereka? juga bukan.
Tentang kenapa mereka sekarang kalah bersaing sama Band Melayu atau para Boyband norak? bukan juga.

Saya cuma mau bedah lirik salah satu lagunya Sheila on 7 yang judulnya Sephia. Lagu ini dulu booming banget dimasanya. Saking boomingnya, Sephia menjadi sebutan atau panggilan buat para cewek yang menjadi selingkuhan pria. Kebetulan saya lagi dengerin lagu ini sekarang, dan saya tertarik untuk membahasnya lebih dalam. Karena menurut saya lagu ini sedih banget. Menceritakan tentang nasib tragis cewek bernama Sephia yang menjadi pacar gelapnya seorang laki-laki tidak bertanggung jawab. Padahal Sephia sendiri tahu kalo lagi dikadalin sama pacarnya itu dan mau jadi selingkuhannya. Tragis memang. Tapi lagu ini lebih cenderung menceritakan isi hati cowoknya Sephia yang lagi galau karena ketidak tegaannya untuk meninggalkan Sephia, sementara dia harus melakukannya karena takut ketahuan.

Dan pemirsa sekalian, inilah ulasannya.
Cekidot!

Bait pertama :

Hey, Sephia...
Malam ini ku takkan datang...
Mencoba tuk berpaling sayang dari cintamu...
Hey, Sephia...
Malam ini ku takkan pulang...
Tak usah kau mencari aku, demi cintamu...

Disini diceritakan bahwa cowoknya Sephia ini sudah nggak mau lagi pulang ke rumahnya Sephia dan nggak mau ketemuan lagi sama Sephia (mungkin doi dulunya numpang tinggal dikost-annya Sephia, karena rumahnya lagi direhab. Jadi timbulah cinlok karena sering ketemuan, padahal Sephia tahu doi sudah punya gebetan...). Walaupun sebenarnya Sephia sendiri sudah kangen pingin ketemuan sama cowoknya ini. Malah dengan kejamnya, si cowok melarang Sephia buat mencari dia lagi. Pendapat saya, mungkin cara dia memberitahukan hal itu jepada Sephia dengan cara SMS, telpon, BBM-an, atau mungkin dengan tulisan di secarik kertas terus ditaruh diatas meja kayak di pelem-pelem.

Ini artinya, rumah cowok Sephia sudah selesai direhab. Terus dianya kabur diam-diam, ninggalin Sephia sendirian. Dengan alasan pingin ketemuan sama teman-temannya di angkringan sekitaran Jogja. 

Jadi kesimpulannya : hubungan antara si cowok dan Sephia jadiannya belum terlalu lama. Jadi Sephia belum tahu watak cowoknya tersebut, dan nggak tahu mau mencari dimana karena si cowok tidak pernah mau beritahu tempat tinggalnya.

Kita ke bait selanjutnya :

Hadapilah ini...
Kisah kita takkan abadi...

Cowoknya Sephia disini, sebenarnya dari awal sudah niat banget buat menyelingkuhi Sephia. Gebleknya, Sephia juga mau dan ikhlas-ikhlas aja dijadiin selingkuhan. Saya yakin cowoknya ini pasti senang lahir batin karena Sephia mau digombalin kayak gitu. Padahal Sephia sadar kalo dia tidak bisa menaruh harapan besar pada hubungan gelap mereka, karena suatu saat si cowok bakal balik lagi sama pacar resminya sebelum jadian sama Sephia.

Jadi kesimpulan saya pada bait ini, mereka sama-sama sadar dan tahu kalo hubungan mereka nggak bakal awet. Walau si cowok galau, tapi dia tetap berusaha menguatkan Sephia untuk menghadapi perpisahan mereka yang sedang terjadi.

Sekarang ke bait ke tiga :

Slamat tidur kekasih gelapku oh Sephia…
Smoga cepat kau lupakan aku...
Kekasih sejatimu takkan pernah sanggup
untuk melupakanmu...
Slamat tinggal kasih tak terungkap oh Sephia…
Smoga kau lupakan aku cepat...
Kekasih sejatimu takkan pernah sanggup
untuk meninggalkanmu...

Disini jelas sekali kalo si cowok sedang meratapi perpisahannya dengan Sephia, karena sebenarnya doi juga sangat mencintai Sephia. Cowoknya ini bener-bener lagi galau maksimal. Sedih pastinya. Dia mungkin menelpon Sephia untuk mengucapakan selamat tidur sekaligus ucapan perpisahan buat kekasih gelapnya itu dengan perasaan yang penuh dosa.
Makanya dia meminta Sephia untuk segera melupakannya supaya tidak sedih yang berkepanjangan. Dan dia juga menghibur Sephia dengan cara mengatakan jika nanti ada yang seseorang jadi kekasih Sephia lagi, kekasihnya itu tidak akan mau melepas atau mempermainkan Sephia lagi. Ini menandakan bahwa Sephia ini memiliki hati yang baik dan wajah yang cantik. Sosok wanita yang sempurna seperti Dong Yi (tokoh dalam drama korea).

Jadi kesimpulan saya untuk bait ke 3 ini adalah : cowok juga yang menyelingkuhi Sephia sebenarnya sangat mencintai Sephia, tetapi karena keadaan dia terpaksa meninggalkan Sephia.

Kita lanjut ke bait terakhir..

Hey, Sephia...
Jangan pernah panggil namaku...
Bila kita bertemu lagi di lain hari...

Ini menandakan bahwa cowoknya Sephia ini sebenarnya baru belajar jadi Playboy. Belum apa-apa sudah takut ketahuan duluan. Dia meminta Sephia untuk tidak pernah memanggil namanya lagi, kalo mereka ketemu lagi secara tidak sengaja. Mungkin si cowok takut kalo bertemu Sephia saat dia sedang bersama pacar resminya. Dia takut ketahuan dan digampar, baik sama Sephia ataupun sama pacar resminya. Siapa tahu aja Sephia memberitahukan hubungan gelapnya dengan si pria kepada pacar resminya pria tersebut karena masih sakit hati.

So, kesimpulan terakhir : Jangan pernah selingkuh kalo takut ketahuan.

Demikian bedah lagu Sephia versi saya. Terima Kasih.

Prok, prok, prok...

Comments

  1. kasian sephianya....

    req donk, terjemahin laguny so7 yg "dan" "waktu yg tepat tuk berpisah" & "sampai kapan"....
    okkkkk...??
    btw q prnh ktmu sma mreka loh, managerny doank mksudnya ambil tiket pswat, ha haaaaa....

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. @ pocy : Boleh, ntar saya buatkan postingan tentang lagu-lagu Sheila on 7 lagi..Btw, kenapa pilihan lagunya menye-menye semua? berdasarkan pengalaman pribadi ya?

    * kabbuurrr...

    ReplyDelete
  4. kmrin burung tetangga sblah curhat katanya suka sma kucing ttangganya, tapi kan beda jenis jadi tidak bisa bersatu, tu brung lgi galau abis skrg, mkanya q mnta dibntuin trjmhin jdul" diatas, kaykny pas bwt dia... ( hubungannya..?? )

    ha haaa....

    main kabur aj, kerjaan numpuk tuuuu...

    ReplyDelete
  5. @ pocy : Lha, kamu aja bingung malah tanya ke saya hubungannya apa.. saya nggak bisa bahasa burung cy. Apalagi bahasa kucing.. Yah, walau muka rada2 mirip..-_-'

    ReplyDelete
  6. Saya cuma mau bedah lirik salah satu lagunya Sheila on 7 yang judulnya Sephia. Lagu ini dulu booming banget dimasanya.
    LukQQ
    Situs Ceme Online
    Agen DominoQQ Terbaik
    Bandar Poker Indonesia

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hobi Menggambar

Tentang Ribas (lagi)

Justice League